Penggemar Blog

Minggu, 23 Desember 2012

Gaya dan Strategi Belajar Bahasa

Artikel pendidikan/karya tulis ilmiah (KTI) bahasa Indonesia ini dapat diunduh.

Teori pemelajaran, proses transfer, dan model-model kecerdasan merupakan ikhtiar untuk menggambarkan cara manusia dalam belajar secara universal. Teori-teori itu untuk mencari penjelasan secara umum bagaimana manusia menyaring, menyimpan, dan mengingat kembali informasi yang ada. Proses seperti itu tidak mengambarkan perbedaan pada setiap individu dalam mempelajari sesuatu, atau perbedaan dalam setiap individu. Padahal disadari sepenuhnya, bahwa setiap individu dalam mempelajari masalah, mengolah data, atau mengorganisasi aneka rasa adalah dari perspektif yang unik. Makalah ini membahas variasi kognitif dalam belajar bahasa baik aneka gaya belajar yang berbeda pada masing-masing individu maupun dalam strategi yang digunakan oleh seseorang untuk memecahkan persoalan tertentu.

Sebelum kita fokus membahas gaya dan strategi dalam belajar bahasa kita perlu mengenali istilah proses, gaya, dan strategi sebagai istilah yang digunakan dalam literatur pemelajaran bahasa. Proses merupakan istilah yang paling umum dalam menggambarkan kegiatan belajar secara universal. Gaya merupakan istilah yang mengacu pada konsistensi pada diri seseorang, bukan hanya sekedar kecenderungan maupun kemauan sesaat. Sedangkan strategi merupakan metode yang khusus dalam mendekati persoalan atau tugas, cara operasional untuk mencapai tujuan tertentu, desain yang direncanakan untuk mengkontrol dan memanipulasi informasi tertentu.
Dengan mengkaji gaya dan strategi belajar bahasa ini, manfaat yang kita dapat adalah kemampuan memahami ranah yang paling universal hingga variasi intraindividual yang spesifik dalam belajar.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda adalah jalinan persaudaraan untuk meningkatkan blog. Terimakasih dan salam persaudaraan.