Penggemar Blog

Sabtu, 23 Februari 2013

Pengertian dan Tujuan APEC

Apakah Asia-Pacific Economic Cooperation?
Asia-Pacific Economic Cooperation, atau APEC, adalah forum utama untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, kerjasama, perdagangan dan investasi di kawasan Asia-Pasifik.

APEC merupakan kelompok antar pemerintah yang beroperasi berdasarkan komitmen yang tidak mengikat, dialog terbuka dan rasa hormat yang sama terhadap pandangan semua anggota. Tidak seperti WTO atau badan-badan perdagangan multilateral lainnya, APEC tidak memiliki perjanjian kewajiban dari anggotanya. Keputusan yang dibuat dalam APEC dicapai dengan konsensus dan komitmen dilakukan atas dasar sukarela.

APEC memiliki 21 anggota - disebut sebagai "entitas ekonomi" - yang menyumbang sekitar 40 persen dari populasi dunia, sekitar 55 persen dari Gross Domestic Product (GDP) dunia dan sekitar 44 persen dari perdagangan dunia.
Ke-21 entitas ekonomi APEC adalah Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chili, Republik Rakyat Cina, Hong Kong, China, Indonesia, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Nugini, Peru, Republik Filipina , The Federasi Rusia, Singapura, Cina Taipei, Thailand, Amerika Serikat, Viet Nam.

Maksud dan Tujuan
APEC didirikan pada 1989 dengan tujuan utama untuk lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran untuk kawasan dan memperkuat komunitas Asia-Pasifik.
  • bekerja untuk mengurangi tarif dan hambatan perdagangan lainnya di seluruh kawasan Asia-Pasifik,
  • menciptakan ekonomi domestik yang efisien dan secara dramatis meningkatkan ekspor. 
  • terwujudnya perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka di Asia-Pasifik pada 2010 untuk negara-negara industri dan pada 2020 untuk negara-negara berkembang. 
  • Tujuan ini diadopsi oleh pemimpin pada pertemuan 1994 di Bogor, Indonesia.

Pelajari lebih lanjut tentang Bogor Goals dalam Deklarasi Pemimpin 1994.

Perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka membantu pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk perdagangan dan investasi internasional. Sebaliknya, proteksionisme membuat harga tinggi dan mendorong inefisiensi dalam industri tertentu. Perdagangan bebas dan terbuka membantu menurunkan biaya produksi dan dengan demikian mengurangi harga barang dan jasa – sebuah manfaat langsung bagi semua.
APEC juga bekerja untuk menciptakan lingkungan bagi gerakan yang aman dan efisien dari barang, jasa dan masyarakat di seluruh perbatasan di kawasan tersebut melalui penyelarasan kebijakan dan kerjasama ekonomi dan teknis.

Sumber: http://www.apec2013.or.id/index.php/about/apec

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda adalah jalinan persaudaraan untuk meningkatkan blog. Terimakasih dan salam persaudaraan.